BRIMOB UNTUK INDONESIA

Ratusan Personel Gabungan TNI POLRI Siap Amankan Porprov Sultra di Buton

BRIMOB POLDA SULTRA
Administrator Administrator
Ratusan Personel Gabungan TNI POLRI Siap Amankan Porprov Sultra di Buton
Ratusan Personel Gabungan TNI POLRI Siap Amankan Porprov Sultra di Buton

PELANGI NUSANTARA- Kabupaten Buton menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sulawesi Tenggara 2022. Sebanyak 500 personel gabungan bakal disiagakan untuk menjaga keamanan pelaksanaan event olahraga tersebut.

Hal itu diungkapkan Kapolres Buton AKBP Rudy Silaen, SH,SIK, MI Kom melalui Kabag Ops Polres Buton, Sabtu (26/11/2022).

Kabag OPS merinci sebanyak 500 personel gabungan terdiri dari anggota Polres Buton, Batalyon B Pelopor Satuan Polda Sultra, Koramil 1413-02 Pasarwajo, Sat Pol PP kabupaten Buton, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan kabupaten Buton.

“Personel gabungan tersebut akan menjaga dan mengamankan pelaksanaan Porprov Sultra di Buton,” katanya.

Menurutnya, pengamanan dilakukan mulai pembukaan Porprov Sultra hingga berakhirnya kegiatan, yakni pada tanggal 26 November " 4 Desember 2022.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi membuka secara langsung pekan olahraga provinsi (Porprov) ke XIV Sulawesi Tenggara di Kabupaten Buton dan Kota Baubau. Pembukaan berlangsung di lapangan pusat Perkantoran Takawa Kecamatan Pasar Wajo Kabupaten Buton, Sabtu (26/11/2022) malam.

Pembukaan diawali dengan penampilan marcing Band UHO yang membawakan lagu mars patriot, Dilanjutkan dengan penampilan Waode Eli yang membawakan lagu Tanah Wolio, tari lumense.

Upacara pembukaan juga diisi dengan penampilan tari Kolosal yang oleh sekira 500 penari, mereka menampilkan 4 tarian yakni tari Lawati, tari Tambero, tari Linda dan tari Ponare, kemudian mereka bergabung membentuk maskot Porprov XIV Ikane Mangada.

Para personel akan dibagi ke beberapa lokasi. Arena Porprov akan digelar di dua kecamatan di Buton, yakni di kecamatan Pasarwajo dan kecamatan Wabula.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan penyelenggaraan Porprov merupakan bentuk keseriusan pemerintah memajukan olahraga di bumi Anoa, sebagai implementasi program Aman (Ali Mazi-Lukman Abunawas) di bidang olahraga yakni Sultra Sehat dan Sultra produktif.

“Pembangunan olahraga merupakan satu variabel yang penting dalam mewujudkan kemajuan daerah sekaligus kemajuan bangsa dan negara, karena dalam proses dan outputnya terkandung nilai pemberdayaan masyarakat, pembentukan karakter dan identitas serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan anak bangsa,” jelasnya.

Ali Mazi mengakui, pelaksanaan porprov memberikan dampak positif terhadap prestasi olahraga Sulawesi Tenggara, termasuk peningkatan jumlah capaian medali dan peringkat Sulawesi Tenggara yang berada pada posisi 20 pada pelaksanaan PON ke XX di Provinsi Papua.

Posisi ini meningkat dari PON XIX dimana Sulawesi Tenggara berada pada peringkat 24.

Gubernur berharap, dengan pelaksanaan porprov XIV ini prestasi Sulawesi Tenggara bisa meningkat pada PON XXI di Provinsi Aceh.

Pada pembukaan Porprov di Kabupaten Buton juga hadir Ketua Umum KONI Pusat Marsiano Norman, Forkopimda, Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, serta bupati dan wali kota se Provinsi Sulawesi Tenggara.

Upacara pembukaan Porprov ke XIV ditutup dengan menyalakan tungku raksasa Porprov. Dimana api obor porprov dibawa oleh atlet Dayung legendaris Sulawesi Tenggara La Hanisi.

Obor ini dinyalakan menggunakan bahan bakar yang berasal dari sumur minyak dan api alam dari Hutan Lambusango.

Acara ditutup dengan penampilan sejumlah artis dan kembang api.


Tag:
Berita Terkait
Komentar
Berita Terkini